Kepala Diskar PB Kota Bandung Gun Gun Sumaryana

kasasinews.com,-- Untuk mengantisipasi cuaca saat ini, Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) Kita Bandung menyiagakan 90 personel setiap hari. Warga pun diminta menghubungi 113 bila ada kejadian kedaruratan. "Kalau kami di Diskar PB, setiap hari 90 orang bersiap. Sebanyak 50 orang di Mako Jalan Sukabumi dan 10 orang di masing-masing UPT, kita punya empat UPT," ungkap Kepala Diskar PB Gun Gun Sumaryana, Jumat (12/1/2024).

Berkenaan dengan cuaca saat ini, Gun Gun meminta semua pihak waspada mengingat intensitas hujan beberapa waktu ini cukup besar. Selain itu, warga diminta untuk tidak membuang sampah ke sungai. "Kalau ada kejadian kedaruratan segera hubungi kami di 113. Kita akan segera lakukan penanganan," jelasnya.

Diskar PB selalu siap siaga 24 jam. Personel juga siaga di kantor pusat Jalan Sukabumi dan empat UPT.

Untuk banjir di kawasan Braga, Diskar PB akan melakukan pembersihan setelah dilakukan perbaikan oleh Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga (DSDABM). "Kami akan berkoordinasi dengan camat terkait pembersihan. Kami biasanya dilibatkan dalam pembersihan dari dampak banjir," ungkapnya. "Setelah pembangunan selesai oleh DSDABM, kami harus koordinasi dengan kewilayahan. Jangan sampai nanti enggak efektif. Kita bergerak sendiri, kewilayahan bergerak sendiri," ungkapnya. *(Red,- Louis Vicky)